Sabtu, 29 Oktober 2016

Kenawa Island, Another Sweet Escape Destination

Halooo semua, setelah lama vakum, akhirnya Nusantara Wanderer kembali lagi. Oke langsung meluncur ke destinasinya yak, wusss......
Yes, inilah destinasi yang beberapa waktu lalu saya & teman teman kunjungi, Pulau Kenawa di Sumbawa. Sebenernya kesini juga ngga terduga sih, rencana awalnya sih mau explore pantai pantai di lombok aja, eh kok malah kebablasan sampai sini.
Untuk ke Pulau Kenawa ini bisa ditempuh dengan 2 cara. Yang pertama yaitu naik kapal dari Pelabuhan Kayangan, Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa lalu dilanjut naik boat agar sampai disini. Lalu cara yang kedua yaitu langsung naik boat dari Pelabuhan Rakyat / Nelayan yang terletak di Jalan Raya Sambelia, Lombok Timur, tak jauh dari Pelabuhan Kayangan. Atas arahan dari om om di Rumah Singgah Lombok, diarahkanlah kita menggunakan cara kedua, karena lebih efisien di waktu. Ketika cuaca normal perjalanan dapat ditempuh -/+ 1 jam. Cepat & efisien.
Demi mengejar sunset & sunrise experience di tengah antah berantah, kita membuka tenda camping. Itung itung sekalian menikmati pulau ini. Akan tetapi ketika ingin menikmati sunset, eh cuaca mendadak berawan dan sama sekali ngga keliatan itu matahari, nasib. Ya beginilah kalau main ke alam, kadang nasib mujur, kadang berbalik arah 180° menjadi nasib ajur. Tapi asudahlah nikmati aja sembari menyeruput energen dan makan ikan & sotong (cumi segede gaban) fresh dari laut yang dimasak bakar.
Tapi emang dasar nasib backpacker soleh yang jauh jauh kesini, tuhan sepertinya menjawab doa kita ketika ngga bisa menikmati sunset kemarin. Akhirnya pagi harinya, kita serombongan dihadiahi sunrise tercantik. Uhuy. Ada yang sibuk jepret jepret, ada yang sibuk.......molor. yes, molor. Ini adminnya Nusantara Wanderer yang kebetulan dapet jatah molor karena bener bener capek badan. Anyway thanks to mas angling dharma yang udah shoot sunrise pagi itu.
Nah, kalau mau cathcing sunrise / sunset yang eyecatching tempatnya ya naik bukit diatas sana. Selain sunset / sunrise, dipulau ini juga bisa melihat bintang bintang bersinar, karena minimnya polusi cahaya.

Nah cukup sekian yak cerita saya melang lang buana di Pulau Kenawa, gimana tertarik kesini? Langsung gas aja, tapi tetep jangan membuang sampah secara sembarangan agar kebersihan pulau ini tetap terjaga ya gengs. Sampah bisa kalian bawa kembali ketika sudah sampai lombok / dititipkan ke bawah / dekat warung yang ada di pulau ini.

Informasi Tambahan
How To Get There
Yang pertama yaitu naik kapal dari Pelabuhan Kayangan, Lombok menuju Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa lalu dilanjut naik boat agar sampai disini.
Yang kedua yaitu langsung naik boat dari Pelabuhan Rakyat / Nelayan yang terletak di Jalan Raya Sambelia, Lombok Timur, tak jauh dari Pelabuhan Kayangan.
Ketika memilih cara yang kedua, biaya sewa -/+ 1000k yang bisa diisi -/+ 10 orang. Ini sudah termasuk snorkle dan main ke gili kondo & gili kapal.

Hal Yang Bisa Dilakukan
Camping, mancing, lihat bintang, menyepi, lihat matahari terbit & matahari terbenam.

Akomodasi
Satu satunya tempat menginap ya bawa tenda & camping disana, tapi kalo kalian samson, mungkin bisa tidur di gubug yang sudah dibangun oleh pemerintah setempat, biasanya di gubung ini diisi pemancing, oiya gubug disini jumlahnya cukup banyak kok. Tapi yang perlu diingat letak gubug ini persis di pinggir laut, jadi apapun resikonya, tanggung sendiri.

Makan
Nah ini yang cukup krusial, ga mungkin kan ngecamp di pulau sepi gini, ditengah lautan makannya cuma nasi ama mi. Dikosan juga bisa kalo ginian. Jadiii, kalo kalian kesini, biasanya akan ditawari oleh nelayan untuk dimasakkan ikan / sotong. Tenang, cukup bayar -/+ 50rb, perut kenyang tanpa ribet ini itu lagi. Dan itu sudah termasuk nasi unlimited. Yum, makan ikan laut dikelilingi laut.

Bonus Images





Tidak ada komentar:

Posting Komentar